Pengantar Teknologi Informasi

Gerbang IT

UMPC

Posted by fitriansyah76 on November 9, 2008

UMPC umumnya mempunyai layar berukuran antara 12,3 cmsampai 20 cm dan mempunyai layar sentuh dengan resolusi minimal 800 x 480 pixel. UMPC biasanya juga memiliki memori dengan kisaran 256 MB – 1 GB, dan hard disk sebesar 30 GB – 160 GB. Dari segi prosesor, UMPC umumnya menggunakan prosesor jenis ULV atau “Ultra Low Voltage” untuk memaksimalkan daya tahan baterai, dengan kecepatan prosesor mulai dari 500 MHz sampai dengan 1.5 GHz dapat ditemukan di perangkat UMPC dari berbagai vendor ternama seperti Intel, VIA dan AMD. Untuk UMPC vendor Intel menyediakan prosesor Intel Celeron M, Pentium M, Core Solo sedangkan VIA menyediakan prosesor C7-M dan AMD menyediakan prosesor Geod LX800.

UMPC biasanya menggunakan jenis papan ketik virtual atau papan ketik on-screen. UMPC juga ditemukan dalam beberapa tipe menggunakan papan ketik jenis slider dan papan ketik jempol. Tetapi karena umumnya UMPC mempunyai standar koneksi USB, kita dapat menambahkan papan ketik dan tetikus yang tersedia di pasaran. Dengan bobot kisaran dari 350 gram (terringan) sampai 900 gram (terberat). Semua UMPC mengusung fitur layar sentuh, baik itu layar sentuh aktif ataupun pasif. Dengan layar sentuh aktif, pengguna memerlukan stylus khusus untuk mengoperasikan UMPC. Sedangkan layar sentuh pasif adalah layar yang dapat disentuh dengan jari langsung, tanpa stylus khusus.
————————————
Tablet PC adalah laptop – atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
Pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (apabila ada).
Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat.
Tablet PC menggunakan layar LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas (lihat gambar 2 kiri). Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat.

—————————————-
Komputer jinjing (populer dalam bahasa Inggris: laptop, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.

Sumber : wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: